Yuk Kenali Apa itu Mental Health

Saat ini kita sering mendengar istilah mental health, tapi sudah pahamkah kita dengan istilah ini ? Memangnya seberapa penting mental health ? Baiklah daripada bingung langsung kita bahas saja apa itu mental health.

Apa itu Mental Health ?

Mental health atau kesehatan mental yaitu kondisi dimana kita tidak memiliki mental illness atau penyakit mental. Dalam kondisi ini kondisi mental dan emosional seseorang berfungsi pada tingkat yang baik atau memuaskan.

Apa itu Mental Illness ?

Dilansir dari brilio.netMental Illness atau penyakit mental ialah gangguan yang menyerang emosional, psikologis, dan kesejahteraan sosial seseorang. Penyakit mental ini membuat penderita sulit untuk mengetahui perilaku yang dianggap normal dan tidak. Selain itu dalam jangka waktu tertentu mental illness juga akan mempengaruhi kesehatan badan.

Macam macam Mental Illness ?

Sebenarnya ada berbagai macam dan bentu mental illness namun yang umumnya terjadi yaitu.

  1. Anxiety Disorder, gangguan mental yang ditandai dengan perasaan khawatir, cemas atau takut yang cukup kuat sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.
  2. Generalized disorder yakni gangguan berupa khawatir terus-menerus, gelisah, dan terganggunya konsentrasi.
  3. Attention-deficit/hyperactivity disorder atau ADHD ialah gangguan mental berupa perasaan rendah diri, kesulitan menjalin hubungan hingga sulit beraktivitas sehari-hari dalam bekerja atau sekolah.
  4. Panic disorder ialah serangan panik tiba-tiba ditandai dengan rasa takut intens, berkeringat, gemetar, sesak napas, matirasa dan merasa hal buruk akan terjadi.
  5. Social anxiety disorder ialah gangguan mental dimana penderita merasa interaksi sosial menyebabkan kecemasan irasional.
  6. Obsessive compulsive disorder (OCD) ialah gangguan mental ditandai dengan pikiran dan ketakutan yang tidak masuk akal (obsesi) yang mengarah pada perilaku kompulsif. Bentuk OCD misalnya takut kuman dan selalu ingin menempatkan objek secara teratur.
  7. Antisocial personality disorder ialah gangguan mental ditandai dengan kecenderungan mengabaikan orang lain.

Seberapa Penting Mental health ?

Secara global Indonesia berada di urutan ke-4 dalam daftar negara-negara dengan tingkat depresi paling tinggi di dunia dan berada di urutan ke-6 untuk hal gangguan kesehatan mental dan kejiwaan secara keseluruhan.

Orang yang hidup dengan penyakit mental akan sering mengalami stigma dan diskriminasi dari teman, keluarga, dan masyarakat secara keseluruhan. Terkadang isolasi yang mereka rasakan bisa lebih melumpuhkan daripada penyakit mental itu sendiri.

Bagian dari alasan untuk bersikap dan perilaku negatif terhadap orang-orang dengan penyakit mental adalah kurangnya pengetahuan dan ketakutan akan hal-hal yang tidak diketahui. Dengan begitu, isu tentang kesehatan mental sangat penting untuk dipahami, terutama oleh masyarakat Indonesia.

Cara meningkatkan kesadaran mental health ?

Cara yang efektif untuk meningkatkan kesadaran terhadap kesehatan mental adalah semua elemen masyarakat dan pemerintahan harus digerakkan untuk melakukan tindakkan. Kreativitas lembaga juga dapat diarahkan untuk memberikan wadah untuk membantu orang–orang yang memiliki mental illness.

Terutama sekarang teknologi sudah sangat berkembang pastinya akan lebih mudah untuk membantu para korban dan dapat mengedukasi masyarakat luas dengan cepat mengenai masalah kesehatan mental. Media juga berperan penting dalam hal ini karena media memiliki perkembangan dan audience yang sangat banyak sehingga informasi dan edukasi mengenai kesehatan mental di Indonesia ini dapat diedukasikan ke khalayak banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *