Ini Makanan yang Bisa Menambah Berat Badan Balita

Dilansir dari 1health.id, anak-anak yang masih dalam usia balita, umumnya sangat aktif dan bahkan sulit untuk tetap diam. Ini membuat tubuh mereka membakar lebih banyak kalori. Tetapi di lain hal, membuat mereka makan juga menjadi hal yang sulit untuk dilakukan.

Peningkatan pada berat badan merupakan salah satu tanda perkembangan pada anak balita. Akan tetapi, ini tidak berlaku pada semua anak karena beberapa anak bisa makan dengan baik dan teratur dan beberapa lainnya tidak. Makanan memainkan peran kunci dalam peningkatan berat badan anak, oleh sebab itu orang tua harus pandai dalam memilih mana makanan terbaik yang bisa meningkatkan berat badan anaknya, sekaligus memberikan banyak energi agar anak bisa tetap aktif.

Ada banyak teori yang dapat digunakan untuk membantu menambah berat badan pada anak. Namun terlebih dulu, Anda harus bisa mengenal anak Anda dan menemukan apa yang terbaik untuknya. Ini dapat membantu Anda untuk memastikan bahwa terjadi kenaikan berat badan yang sehat pada anak. 

Berikut ini merupakan rekomendasi makanan terbaik yang bisa Anda berikan untuk menambah berat badan dan energi bagi buah hati Anda:

Karbohidrat

Karbohidrat dapat diubah menjadi lemak yang kemudian dapat disimpan di dalam tubuh. Ini menjadikannya sebagai salah satu makanan terbaik untuk balita guna menambah berat badannya. Sertakan lebih banyak nasi dan kentang dalam menu makanan harian balita. Anda juga bisa mencoba membuat camilan dari makanan yang kaya akan karbohidrat ini.

Makanan kaya protein

Protein sangat penting untuk anak yang sedang tumbuh. Protein akan membantu proses perkembangan otot dan pertumbuhan tubuhnya secara menyeluruh. Ayam, ikan, daging sapi, telur, susu dan produk susu lainnya, memiliki kandungan protein hewani yang tinggi. Sertakan makanan-makanan ini dalam menu harian anak untuk menambah berat badan dan mendukung pertumbuhan anak.

Makanan padat kalori

Untuk seorang balita, kenaikan berat badan terjadi ketika ia mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang ia gunakan. Mengonsumsi makanan yang padat kalori dapat sangat membantu menambah berat badan anak. Akan tetapi, Anda harus tetap memberinya makanan yang kaya nutrisi untuk memberikan manfaat lain pada tubuh anak.

Baca juga: 11 Menu Sahur Untuk Anak Kost Mudah Sehat dan Praktis

Makanan ringan

Terkadang, sulit untuk membuat anak tetap diam dan menghabiskan sepiring makanan sehatnya. Jadi, tak ada salahnya untuk memberinya camilan asal Anda tetap memerhatikan porsi dan kandungan di dalamnya. Biskuit, donat, atau kue kering, bisa menjadi pilihan camilan untuk anak Anda. Beberapa minuman seperti susu murni dan jus buah segar juga dapat menambah kebutuhan kalori harian mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *