Desa Siluman Pengisap Dana Desa yang Dikuak Sri Mulyani Ada di Konawe

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkap ada desa fiktif alias ‘desa siluman‘ yang aktif menerima program Dana Desa. Maksudnya ‘desa siluman’ tersebut adalah desa yang tidak berpenghuni tetapi mendapatkan kucuran Dana Desa dari pemerintah.

Temuan ini pun akan segera diinvestigasi secepatnya oleh Sri Mulyani. Jangan sampai, Dana Desa yang tujuannya untuk membangun ekonomi desa justru masuk ke kantong-kantong pribadi yang tak bertanggung jawab. “Kami mendengarnya sesudah pembentukan kabinet dan nanti akan kami investigasi,” ujar Sri Mulyani di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (4/11). Apa yang diungkapkan Sri Mulyani tentang ‘desa siluman‘ memang benar. Salah satunya ditemukan di Konawe, Sulawesi Tenggara. Di tempat ini, Polda Sulawesi Tenggara tengah menangani kasus dugaan 56 desa fiktif alias ‘desa siluman‘ di Kabupaten Konawe.

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) membantah tudingan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati soal temuan ‘desa siluman‘ pengisap Dana Desa. Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar memastikan penyaluran Dana Desa sudah tepat sasaran.”Iya. Sejauh ini belum ada (desa siluman), termasuk (di) Konawe. Ada pertanggungjawabannya. Sudah kita laporkan, enggak usah pakai anu (omongan Sri Mulyani),” ujar Abdul Halim di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (8/11).Kemendes PDTT, menurut Abdul Halim, sudah menelusuri laporan yang dilayangkan Sri Mulyani. Menurut dia, sampai saat ini belum ada temuan ‘desa siluman‘.