Biaya Pilkades Serentak 286 Desa di Jombang Hampir Rp 14 Miliar

Jombang – Dilansir dari detik news, sebanyak 286 dari 306 desa di Kabupaten Jombang menggelar Pilkades serentak pada Senin (4/11). Pilkades serentak itu akan menelan biaya hingga Rp 13,85 miliar.

Baca juga: Gagal Terpilih Jadi Kepala Desa, Cakades di Jombang Ini Gelar Tasyakuran

Ratusan desa yang ikut Pilkades serentak tersebar di 21 kecamatan di Kota Santri. Sebanyak 791 calon Kepala Desa akan bertarung. Dari jumlah itu, 226 di antaranya cakades petahana.

“Anggaran untuk bantuan keuangan khusus Pilkades sebesar Rp 13.850.000.000,” kata Kepala Bidang Bina Aparatur Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Jombang Rika Paur Fibriyamusi kepada wartawan, Sabtu (2/11/2019).

Ia menjelaskan, seperti Pilkades pada umumnya, terdapat panitia yang sudah dibentuk di masing-masing desa. Nilai anggaran yang diterima setiap panitia bervariasi. Tergantung pada jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang mereka susun.

“Bagi desa yang memiliki DPT Kurang dari seribu pemilih, akan menerima anggaran sebesar Rp 39.750.000. Setiap kelipatan seribu DPT, anggarannya akan bertambah Rp 3 juta,” terang Rika.

Rika memastikan, Pilkades serentak saat ini sudah siap digelar di 286 desa. Surat dan kotak suara juga telah siap digunakan.

“Logistik masih disimpan di kantor kecamatan. Pada hari H pemungutan suara (4 November) baru didistribusikan ke setiap desa,” pungkasnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *